Tips Menyimpan Peralatan di Dapur ~ Desain Kitchen Set

Tips Menyimpan Peralatan di Dapur

1. Buat Lemari Hingga ke Plafon
Buat kabinet atas hingga menyentuh plafon, sehinga akan semakin banyak ruang penyimpanan yang didapat. Taruh benda-benda yang jarang digunakan disana.

2. Berhenti Menimbun
Jangan terlalu banyak kecuali anda punya tempat yang luas untuk menyimpannya. Belilah secukupnya, jangan menimbun bahan makanan yang tidak perlu.

3. Siapkan Dingklik
Meskipun anda sudah menaruh barang senyaman dan seergonomis mungkin, beberapa barang mungkin masih sulit dijangkau. Bangku lipat atau dingklik kecil adalah solusi ketika anda ingin mengambil barang tersebut. Jadi, sediakan juga barang ini dekat dapur, dan sebisa mungkin pilih yang dapat dilipat sehingga dapat disimpan dengan rapi.


4. Tambahkan Rak Instan
Rak instan yang ada di pasaran sangat berguna. Selain dapat membuat penyimpanan menjadi lebih rapi dan teratur, rak instan ini bisa menambah kapasitas penyimpanan.

5. Simpan di Tempat Terbuka
Beberapa barang seperti bumbu masak yang selalu digunakan (seperti merica, garam, gula) sebaiknya tidak di sembunyikan di dalam lemari. Tujuannya untuk mempermudah kita saat memasak. Jika ada dalam jangkauan penglihatan, tentu saat dibutuhkan tak perlu dicari-cari. Jangan khawatir keindahan dapur menjadi berkurang saat benda-benda tersebut terlihat. Sekarang ini banyak sekali tempat bumbu yang dibuat sangat cantik, yang malah dapat menjadi hiasan untuk memperindah dapur.

6. Taruh Barang di Tempat yang Dibutuhkan
Taruh panci dan wajan dekat kompor, taruh detergen untuk cuci piring di bawah sink. Simpan rak piring dan peralatan makan tak jauh dari tempat cuci supaya anda tak perlu jauh-jauh membawa piring yang sudah dibersihkan.

7. Simpan Barang Menurut Frekuensi Penggunaan
Barang yang sering digunakan atau selalu digunakan sebaiknya ditaruh di tempat-tempat yang mudah dijangkau dengan tangan. Boleh di laci, di lemari atas maupun di lemari bawah. Yang penting mudah dicari ketika digunakan. Contoh barang seperti ini adalah sendok, garpu, piring, gelas ataupun wajan dan panci kecil yang biasa digunakan untuk masak sehari-hari. Sementara barang yang jarang dipakai seperti panci besar, alat-alat jamuan besar tak perlu di taruh di area kerja. Mereka dapat disimpan di tempat paling atas atau di ujung kitchen set. Jika hanya digunakan setahun sekali, anda bisa menaruhnya di luara area dapur, misalnya di gudang.

8. Manfaatkan Area
Area antara kabinet atas dengan meja dapur atau kabinet bawah dapat dimanfaatkan. Beri ambalan untuk meletakkan bumbu, ataupun beri rak untuk meletakkan berbagai peralatan.

Related Post

0 komentar:

Posting Komentar