Menjaga Kenyamanan Dapur dari Pencahayaannya ~ Desain Kitchen Set

Menjaga Kenyamanan Dapur dari Pencahayaannya

Dapur merupakan salah satu area yang  penting bagi para penghuni rumah. Di area inilah proses pengolahan bahan makanan dilakukan. Oleh karena itu, pencahayaan yang baik untuk dapur mutlak diperlukan. Agar beraktivitas di dalamnya terasa nyaman.
Kebanyakan kita hanya mengandalkan penerangan dari satu titik lampu, sebagai penerang dapur. Kondisinya berbeda jika pencahayaan itu tidak rata dan kuat. Bisa jadi, ketika memasak muncul berbagai masalah akibat cahaya yang minim. Misalnya, kita sulit mengenali bahan makanan yang baik dan tidak dari fisiknya. Atau sulit menemukan barang yang berada di area dalam lemari kabinet.

Untuk memberikan efek pencahayaan dapur yang fungsional dan lebih menarik, dapat saja ditata penerangan yang lebih spesifik. Pencahayaan sendiri dapat diperoleh dari 2 sumber, yaitu cahaya matahari dan lampu. 

Cahaya Matahari
Cahaya matahari sangat bermanfaat untuk membunuh bibit penyakit yang ada di dapur. Karena di dapur sering dihasilkan sampah sehingga bibit penyakit sering muncul di ruangan ini. Agar dapat memperoleh cahaya matahari yang cukup, saat hendak membuat dapur perhatikan jumlah dan besarnya jendela atau ruangan terbuka sehingga bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dengan cahaya matahari yang memadai, berarti tidak perlu menyalakan lampu di siang hari sehingga menghemat penggunaan listrik.

Cahaya Lampu
Karena cahaya matahari tidak tersedia setiap waktu, maka cahaya lampu juga diperlukan sebagai cahaya pengganti. Ada 3 jenis lampu yang dapat digunakan di dapur, yaitu:

  • Cahaya Umum

Digunakan untuk menerangi dapur khususnya saat cahaya matahari tidak ada. Cahaya lampu hendaknya jangan terlalu redup ataupun terlalu terang sehingga dapat menyakitkan mata.
  • Cahaya Khusus

Biasanya menggunakan lampu halogen dan diletakkan di bawah kitchen set. Digunakan untuk menerangi daerah khusus, misalnya di tempat yang biasa digunakan untuk memotong bahan makanan sehingga dengan adanya lampu ini dapat dilihat lebih jelas warna makanan dan mengetahui kondisi makanan apakah masih baik atau tidak.
  • Cahaya Aksen

Pencahayaan ini digunakan untuk mempercantik tampilan dapur. Umumnya diletakkan di dalam lemari kabinet pada bagian pintu kaca yang berisi pajangan. Dengan kehadiran lampu ini tentu akan memperkuat keindahan dari dapur.


Related Post :

0 komentar:

Posting Komentar