Mengenal Top Table dan Cooker Hood Kitchen Set ~ Desain Kitchen Set

Mengenal Top Table dan Cooker Hood Kitchen Set

Bahan Dasar Top Table

Top table adalah bagian permukaan atas kitchen set, bagian ini banyak terkena beban dalam proses pengolahan, seperti goresan, panas, atau noda. Ada beberapa jenis top table yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk menghiasi kitchen set.


  • Granit/Marmer
Granit atau marmer sangat bagus sebagai top table karena pilihan motif dan warna yang beragam sehingga membuat kitchen set terlihat berkelas, mewah, dan elegan. Karena terbuat dari bau alam, top table jenis ini lebih kuat  dan memberikan kesan dingin. Namun harganya relatif mahal dibandingkan jenis top table lainnya. Selain itu, granit atau marmer adalah batu alam yang memiliki pori-pori pada permukaannya sehingga kotoran dapat masuk ke dalam pori-pori yang dapat menumbuhkan bakteri sehingga kebersihan harus benar-benar terjaga.

  • Formatop/Solid Surface
Solid surface adalah bahan material top table yang tampilannya menyerupai granit tetapi harganya lebih terjangkau, terbuat dari 100% acrylic. Bahan ini terbuat dari campuran modified acrylic resin dengan beberapa mineral tambang tertentu. Meskipun berbahan dasar plastik, tampilan solid surface memiliki motif dan warna seperti granit dan marmer. Kelebihannya dibandingkan marmer atau granit sebagai berikut :
  1. Kuat, ringan, dan tahan gores.
  2. Higienis, tidak berpori, tidak menimbulkan noda, mudah dibersihkan bila terkena saus, cuka, kecap, kopi, dan bahan kimia lainnya serta mudah dalam perawatan. Tidak adanya pori membuat bakteri, lumut, jamur tidak berkembang biak didalamnya.
  3. Proses pengerjaan dan pemasangan tergolong mudah karena hanya menggunakan mesin atau alat pertukangan kayu biasa.
  4. Seamless, sambungan tidak nampak sehingga tampilan lebih elegan.
  5. Nonporous dan homogen, sehingga air tidak meresap ke dalam kabinet.
  6. Tahan panas hingga 180 derajat celcius
 Namun solid surface juga memiliki kekurangan, yaitu kekuatannya masih kalah dibandingkan dengan granit alam serta ketahanan goresnya agak berkurang jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.


Aneka Macam Cooker Hood
Keterbatasan lahan acapkali membuat keberadaan dapur tidak terpikirkan dengan baik dalam hal pencahayaan maupun sirkulasi udaranya. Namun dengan teknologi yang semakin canggih, permasalahan seperti bau yang menyengat serta asap yang mengepul ketika memasak sudah dapat diatasi sehingga membuat aktivitas memasak sudah dapat diatasi sehingga membuat aktivitas memasak menjadi lebih menyenangkan. Cooker hood adalah alat penghisap asap yang dapat dipasang pada dapur anda. Secara umum, ada tiga jenis pengisap asap yang dapat ditemui di pasaran.

1.       Slim Line Hood
Berbentuk pipih dan tidak memiliki cerobong.
 

2.       Chimney Hood
Memiliki cerobon yang ditempatkan menempel pada dinding.



3.       Island Hood
Bentuknya hampir sama seperti chimney hood tetapi penempatannya pada tengah ruangan sehingga tidak menempel pada dinding.



Untuk mengetahui jenis bahan dasar Kitchen Set klikdisini

0 komentar:

Posting Komentar